Bisnis

Bocoran Terbaru Pembukaan Prakerja Gelombang 12 Tahun 2021

Saat ini Program Kartu Prakerja sudah memasuki pendaftaran Gelombang eight. Bila Anda ingin berminat untuk bergabung, simak cara mendapatkan kartu prakerja berikut ini. Kartu Prakerja diharapkan mampu meningkatkan kompetensi, produktivitas, dan daya saing angkatan kerja, serta dapat meringankan biaya hidup akibat pandemi Covid-19. Secara umum, syarat bagi penerima Kartu Prakerja ini adalah semua warna negara yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah atau kuliah. Meskipun begitu, program Kartu Prakerja ini lebih diprioritaskan kepada kalangan pencari kerja usia muda.

Anda dapat menghubungi layanan masyarakat Kartu Prakerja di nomor pada jam kerja Senin-Jumat pukul 08.00-19.00 WIB untuk memperoleh informasi maupun mengalami kesulitan atau gangguan teknis. Setelah itu, data akan diverifikasi melalui email. Klik verifikasi knowledge melalui e-mail. Kemudian Verifikasi data dengan masukkan sixteen prakerja digit nomor KTP, nomor kartu keluarga, dan tanggal lahir. Selanjutnya isi formulir pendaftaran dengan menggunakan verifikasi KTP, isi data diri selengkap mungkin, termasuk nomor telepon. Nah buat kamu yang tidak sempat mendaftarkan diri di gelombang ke-5, jangan khawatir karena pemerintah akan segera membuka kembali pendaftaran program Kartu Pra Kerja gelombang ke-6.

Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja kembali akan membuka pendaftaran program tersebut pada gelombang ke-12. Pendaftaran Kartu Pra KerjaUntuk daftar kartu pra kerja, kamu diharuskan untuk verifikasi KTP, information diri dan nomor HP.Verifikasi KTP kamu dengan mengisi 16 digit nomor KTP dan tanggal lahir. Setelah selesai, klik lanjutkan. Perlu diketahui, bahwa kamu hanya bisa mengikuti program sebanyak satu kali.

Insentif dibayarkan setelah peserta menyelesaikan minimal satu kali pelatihan. Tingkat pendidikan juga tidak menjadi syarat utama untuk mendaftar kartu prakerja. Lulusan universitas pun boleh untuk mendaftar. Hanya saja prioritas tetap diberikan pada pencari kerja usia muda atau pelaku usaha mikro. Anda sudah bergabung dengan Program Kartu Prakerja? Program ini telah resmi dibuka sejak bulan Maret 2020 lalu oleh Kemenko RI, Menteri Koordinasi bidang Perekonomian Airlangga Hartanto. Terbuka bagi siapa saja yang berkewarganegaraan Indonesia, berusia berusia 18 tahun, dan tidak sedang bersekolah/kuliah.

Dengan begitu, diharapkan program Kartu Prakerja ini dapat memberikan ruang bagi pencari kerja untuk mengembangkan kemampuan dan kompetensi. Kesempatan ini pun masih terbuka bagi karyawan atau pegawai yang sudah bekerja, maupun pegawai yang mengalami PHK.

cara daftar prakerja

Bila lolos, peserta akan mendapatkan insentif berupa bantuan dari pemerintah sebesar Rp 3,55 juta. Rinciannya, peserta akan mendapatkan uang bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta, insentif pasca-pelatihan Rp 600.000,00 per bulan selama empat bulan, dan insentif survei sebesar Rp 50.000,00 untuk tiga kali. Nah, itu dia syarat dan tata cara pendaftaran program Kartu Prakerja. Semoga dapat berguna bagi Parents yang ingin mendaftar. Jangan lupa untuk memanfaatkan pelatihan serta insentif yang didapat dengan sebaik mungkin, ya. Bila mengalami kendala atau gagal terus saat pendaftaran, jangan menyerah.