Uncategorized

Manfaat dan Kelebihan Cara Bayar Pajak Online Melalui e-Billing Pajak

Cara Bayar Pajak Online

e-Billing pajak merupakan cara bayar pajak online yang dapat digunakan oleh setiap perusahaan atau individu untuk membayar pajak. e-Billing ini telah disahkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sebagai alat transaksi pembayaran pajak secara online.

Metode pembayaran ini telah resmi dilaksanakan sejak 1 Januari 2016 dengan beberapa syarat yang diperlukan. Syarat yang harus dipenuhi yakni semua data pembayaran pajak wajib menggunakan cara e-Billing.

Untuk semua data yang diperlukan untuk proses pembayaran pajak dilakukan secara online. Dengan sistem e-Billing ini pengguna akan dibimbing untuk mengisi data Surat Setoran Pajak (SSP) secara online.

Manfaat e-Billing Sebagai Fasilitas Cara Bayar Pajak Online

Penggunaan e-Billing ini memiliki manfaat bagi yang akan membayar pajak. Berikut ini beberapa manfaat yang didapatkan jika menggunakan fasilitas e-Billing.

  1. Dapat membayar pajak dimana saja tanpa harus datang ke KPP. Dengan begitu proses pembayaran pajak akan menjadi efektif dan efisien untuk kalian yang memiliki waktu terbatas.
  2. Mengurangi risiko terjadinya salah pencatatan secara manual mengenai semua hal tentang pelaporan pajak. Seperti kesalahan yang bisa saja terjadi ketika proses pencatatan transaksi.
  3. Semua data yang disetorkan kepada DJP didapat diakses realtime untuk mengatasi kemungkinan terjadinya hilang data.

Kelebihan Menggunakan e-Billing

Tidak hanya memiliki manfaat saja, akan tetapi e-Billing ini memiliki kelebihan yang bisa menjadi alasan kalian menggunakannya. Ada beberapa kelebihan yang bisa kalian pertimbangkan untuk menggunakan sistem e-Billing ini.


Berikut ini beberapa kelebihan dari e-Billing:

  1. Akurat

Untuk kelebihan yang pertama adalah akurat. Dengan kelebihan ini akan meminimalisir terjadinya kesalahan ketika proses penyiapan data. Karena jika terjadi kesalahan ketika penyiapan data, maka akan salah juga biaya setor pajaknya.

Maka dari itu penggunaan e-Billing ini bisa menjadi salah satu pendukung agar tidak terjadinya kesalahan yang mendasar.

  1. Realtime

Selanjutnya, ada kelebihan lain dari e-Billing yakni realtime. Dengan akses realtime akan memudahkan penyimpanan data dan pengecekan data yang belum lengkap.

Karena dengan adanya sistem realtime ini kalian bisa melengkapi data kapan saja dan dimana saja. Tanpa harus lagi mengantri berjam-jam untuk melengkapi data di KPP biasanya. 

Yang pasti semua data yang telah dimasukan akan langsung tersimpan di data sistem Kas Negara dan DJP. Sehingga data milik perusahaan akan tersimpan dengan aman dilindungi oleh pihak negara terutama DJP.

  1. Terintegrasi Banyak Hal Mengenai Perpajakan

Tidak hanya aksesnya yang secara realtime dan penyimpanan data yang akurat saja. e-Billing juga dilengkapi dengan kelebihan sudah terintegrasi dengan banyak hal yang bersangkut pautan dengan perpajakan.

Mulai dari bank dan beberapa aplikasi penghitungan pajak mulai dari e-Filling, e-Faktur, PPh dan PPN. Sehingga akan memudahkan juga kalian dalam proses pelaporan pajak.

Dengan beragam manfaat dan kelebihan yang diberikan oleh e-Billing ini dapat membuat kalian lebih mudah. Maka dari itu dengan kemudahan yang telah diberikan oleh pemerintah terutama Direktorat Jenderal Pajak ini harus digunakan sebaik mungkin.


Jangan sampai lagi ada penunggakan pajak yang merupakan menjadi kewajiban dari diri kalian. Semua ini diciptakan untuk mempermudah setiap pekerjaan kalian yang selalu kesusahan ketika manage waktu.

Maka dari itu hadirnya cara bayar pajak online melalui e-Billing ini dapat menjadi jalan keluarnya. Dengan begitu setiap waktu kalian akan menjadi lebih efektif dan efisien lagi.